Kini Kotoran Ayam Dapat Dijadikan Sumber Pembangkit Listrik

Ditulis : Jumat, 2018-01-19 - 12:15:42

Kini Kotoran Ayam Dapat Dijadikan Sumber Pembangkit Listrik

wonosari-lampungtimur.desa.id - Tak bisa dipungkiri disaat ini biaya listrik semakin mahal dan sangat memberatkan bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan sebuah solusi untuk mencari sumber tenaga pembangkit listrik yang lebih murah. Baru baru ini National Geographic Indonesia menulis bahwa di israel telah berhasil mengganti 10% kebutuhan batubara dengan sumber tenaga listrik baru yakni dari kotoran ayam. Para peneliti di Israel telah berhasil mengembangkan cara untuk mengubah limbah unggas menjadi bahan bakar biomassa padat yang mudah terbakar.

Profesor Amit Gross mengatakan bahwa proses mengubah kotoran ayam menjadi tenaga listrik dengan cara memasukkannya ke dalam pressure cooker atau panci presto, dipanaskannya sampai 250 derajat Celcius. Selama proses ini berlangsung, air bereaksi cepat, dan proses kimia yang terjadi di dalam panci itu mengubah limbah organik menjadi bahan yang berperilaku seperti batu bara.

Sungguh kabar yang sangat menggembirakan dengan adanya penelitian ini. Semoga masyarakat di desa wonosari dan diseluruh indonesia mau mencobanya demi mengurangi biaya listrik serta memanfaatkan limbah kotoran ayam selain buat pupuk organik.

 

WONOSARI